Selasa, 02 November 2010

Pengaruh Kredibilitas Endorser dan Kreatifitas Iklan terhadap Efektifitas Iklan yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Merek (Jurnal Review)

Tema : Pengaruh Kredibilitas Endorser dan Kreatifitas iklan
Judul : ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER DAN KREATIFITAS IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN YANG MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP MEREK (Studi Kasus Iklan Televisi Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Di Kota Semarang)
Pengarang : Rudolph Setiaji Handoko, 2006



Pendahuluan
Perusahaan sedang berlomba-lomba untuk merebut perhatian dan minat beli konsumen salah satunya melalui kegiatan pemasaran. Hal ini menyebabkan promosi menjadi hal yang penting karena persepsi konsumen terhadap produk adalah lebih penting daripada kenyataan yang melekat pada produk itu sendiri , konsumen lebih memperhatikan merek daripada produknya pada saat melakukan pembelian dan mereka memilih merek tertentu karena mereka memiliki persepsi yang baik dalam benaknya.

Iklan sebagai sarana promosi dipandang sebagai sumber informasi , hiburan dan media komunikasi bisnis yang efektif dan ampuh meskipun tidak secara langsung berakibat pada pembelian namun iklan merupakan sarana untuk membantu pemasaran yang efektif untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan konsumen.

Dalam dunia periklanan dibutuhkan para tenaga professional yang memiliki kreatifitas tinggi dalam memproses iklan agar dapat menarik minat konsumen dan membuat iklan tersebut lebih mudah diingat. Selain atristik yang ditampilkan dalam sebuah iklan perlu didukung pula oleh adanya seorang endorser yang akan lebih meningkatkan efektifitas periklanan karena saat ini konsumen yang sering mengidolakan selebritis atau atlit olahraga dan menganggap mereka sebagai sumber yang kredibel untuk beberapa produk.

Pada industry sepeda motor di Indonesia saat ini menunjukan suatau fenomena yang menarik meskipun keadaan perekonomian sedang terpuruk . permintaan akan sepeda motor cukup berkembang ini dikarenakan sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang murah dan terjangkau. Selain itu didukung dengan kensep periklanan mengunakan selebrity endorser semakin menancapkan kibaran bisnis sepeda motor contohnya seperti sepeda motor Merek Honda dan Yamaha.

Tujuan Penelitian
1. Menganalisis pengaruh Kredibilitas endorser pada efektivitas iklan.
2. Menganalisis pengaruh Kreatifitas pada efektivitas iklan.
3. Menganalisis pengaruh efektivitas iklan terhadap sikap terhadap merek produk yang yang diiklankan.

Metodologi penelitian
Variabel
Kredibilitas endoser(endorser menarik , endorser terpercaya , endorser memiliki keahlian) , kreatifitas iklan(original , tidak terduga , mudah dipahami), efektifitas iklan (Brand aweareness , menarik perhatian, pesan tersampaikan) dan sikap terhadap merek (merek diingat , merek disukai , merek dipilih)

Data
Populasi penelitian ini adalah pemilik sepeda motor di kota Semarang . penentuan sampel dengan teknik snowball sampling sehingga didapat 120 responden. Data diperoleh secara langsung dari responden dengan alat bantu kuisioner

Rumusan Hipotesis
H1 : Semakin tinggi kredibilitas endorser maka akan semakin tinggi efektivitas iklan.
H2 : Semakin kreatif iklan maka akan semakin tinggi efektivitas iklan.
H3 : Semakin tinggi efektivitas iklan maka akan semakin positif terhadap sikap terhadap merek.

Metode analisis
Teknik analisa yang digunakan peniliti adalah Confirmatory Factor Analysis dan full model dari SEM atau structural equation model yang dioperasikan melalui program AMOS

Hasil dan kesimpualan
Hubungan variabel Kredibilitas Endorser dengan Efektifitas Iklan
H1 : Semakin tinggi kredibilitas endorser maka akan semakin tinggi efektifitas iklan. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa ’Semakin tinggi kredibilitas endorser maka akan semakin tinggi efiktifitas iklan’ dapat diterima. Dari penelitian ini maka dapat diketahui bahwa endorser yang memiliki kredibilitas tinggi dan dipergunakan untuk membintangi sebuah iklan merupakan salah satu sarana pencapaian iklan yang efektif.

Hubungan Variabel Kreatifitas dan Efektifitas Iklan.
H2 : Semakin kreatif Iklan maka akan semakin tinggi efektifitas iklan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesa yang berbunyi’semakin kreatif iklan maka akan semakin tinggi efektifitas iklan dapat diterima. Diketahui bahwa kreatifitas dalam iklan merupakan atribut yang penting untuk mencapai efektifitas iklan yang tinggi.

Hubungan Efektifitas Iklan dan Sikap terhadap Merek
H3 : Semakin tinggi efektifitas iklan maka akan semakin positif sikap terhadap merek yang diiklankan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesa yang berbunyi ’Semakin tinggi efektifitas iklan maka akan semakin positif sikap terhadap merek yang diiklankan’ dapat diterima. Dengan menghasilkan iklan sepeda motor Honda yang efektif maka akan membuat sikap konsumen terhadap merek yang diiklankan menjadi lebih positif. Hal tersebut ditandai dengan iklan sepeda motor Honda yang menjadi lebih diingat, disukai dan dipilih dibandingkan merek-merek pesaing. Dari hasil penelitian diketahui bahwa agar sikap konsumen positif terhadap merek, efektifitas iklan yang tinggi perlu dicapai.


Saran Penelitian mendatang
Penelitian mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas iklan serta hubungannya dengan sikap terhadap merek masih mungkin untuk dikembangkan lebih lanjut pada penelitian mendatang. Hal- hal yang mungkin dapat dikembangkan tersebut antara lain:
1. Pada penelitian selanjutnya dapat dipertimbangkan untuk menambahkan variabel yang dapat mempengaruhi efektifitas iklan atau yang dapat dipengaruhi oleh efektifitas iklan seperti variabel tentang kredibilitasperusahaan (corporate credibility), Variabel Frekuensi penyampaian , variabel format humoris dalam naskah iklan sebagai variabel yang mempengaruhi efektifitas iklan dapat menjadi pilihan.
2. Untuk penelitian mendatang sebaiknya dilakukan pada objek yang lebih spesifik dari sepeda motor Honda, sebagai contoh efektivitas iklan khusus untuk produk sepeda motor Honda Supra Vit atau efektivitas iklan untuk sepeda motor Honda Mega Pro. Sehingga kemungkinan didapat hasil berbeda-beda pada penelitian tersebut dapat terjadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
;