Minggu, 21 November 2010

Bab 3 Metodologi Penelitian

Bab III Metodologi penelitian

3.1 Jenis data dan Sumber data
Data diperoleh dengan mengukur nilai satu atau lebih variabel dalam sampel. Jenis data yang digunakan penulis berdasarkan sumbernya, yaitu:

1.      Data Primer
Data Primer biasanya diperoleh dengan survey lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data original (Kuncoro, 2001:25) .Data ini berupa informasi yang diperoleh melalui jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner, wawancara maupun pengamatan langsung yang berkaitan dengan veriabel-variabel dalam penelitian.

2.      Data Sekunder
Data sekunder merupakan data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna data. Tersedianya  data sekunder akan lebih mempermudah dan mempercepat jalannya penelitian (Kuncoro, 2001:25) Data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan data dari buku-buku referensi, artikel, jurnal, maupun website yang berkaitan dengan variabel yang telah dipilih.

3.2 Populasi dan obyek penelitian
Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen produk pepsodent di lingkungan RW 09 kelurahan Tanah baru , Depok 


3.3 Metode pengambilan data
Berikut teknik pengumpulan data yang digunakan :
A.    Kuisioner
Kuesioner adalah suatu daftar pertanyaan yang akan ditanyakan kepada responden (obyek penyelidikan) terdiri dari baris-baris dan kolom-kolom untuk diisi dengan jawaban-jawaban yang ditanyakan (Supranto, 2003:85)

Dalam penelitian ini digunakan skala likert. Urutan skala terdiri dari Angka 1 (Sangat Tidak Setuju) sampai dengan 5 (Sangat Setuju) untuk semua variabel. Kriteria jawaban yang digunakan yakni:

Sangat Setuju : 5
Setuju : 4
Netral : 3
Tidak Setuju : 2
Sangat Tidak Setuju : 1

B.     Studi Dokumentasi
Mengumpulkan data dan informasi dari buku-buku literature , jurnal , majalah , tabloid dan internet yang berkaitan dengan penelitian

3.4 Variable penelitian
Dalam penelitian ini daya tarik (X1), kredibilitas (X2) dan kreatifitas iklan (X3) sebagai variabel independen dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependen.

1)      Variabel Bebas atau Independent Variabel (X)
Adalah variabel yang nilainya berpengaruh terhadap variabel lain (Marzuki, 2005). Variabel bebas atau independent dalam penelitian ini terdiri dari daya tarik (X1), Kredibilitas (X2) dan kreatifitas iklan (X3).

2)      Variabel Terikat atau Dependent Variabel (Y)
Adalah variabel yang nilainya bergantung pada nilai variabel lain yang merupakan konsekuensi dari perubahan yang terjadi pada variabel bebas (Marzuki, 2005). Variabel terikat atau Dependent Variabel dalam penelitian ini, yaitu keputusan pembelian.

3.5 Model penelitian

3.5.1 Hipotesis
Hubungan daya tarik selebrity terhadap keputusan pembelian
H1 = Daya tarik selebrity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian

Hubungan kredibilitas selebrity terhadap keputusan pembelian
H2 = Kredibilitas selebrity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian

Hubungan kreatifitas iklan terhadap keputusan pembelian
H3 = kreatifitas iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian

3.5.2 Alat analisis

Analisis Regresi Linier Berganda

Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara daya tarik, kredibilitas, dan keahlian terhadap keputusan pembelian. Rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3  ……………….(Sugiyono, 2006:211)

Keterangan :
Y  = keputusan Pembelian
a  = konstanta
b  = koefisien regresi
X1 = Daya tarik selebrity
X2 = Kredibilitas selebrity
X3 = Kreaifitas iklan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
;