Sabtu, 06 November 2010

Pengaruh Daya Tarik ,Kredibilitas dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio (Revisi Jurnal Review)

Tema : Pengaruh celebrity endorser dalam keputusan pembelian
Judul : ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK, KREDIBILITAS, DAN KEAHLIAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO (Studi pada konsumen PT Harpindo Jaya Jl. Dr. Cipto No.61 Semarang)
Pengarang : Eni Heruwati , 2010

Pendahuluan

Perkembangan perdagangan bebas menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat . berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualannya serta memuaskan kebutuhan konsumen .

Perusahaan dituntut semakin tanggap dengan keinginan konsumen dan mengkomunikasikan produknya secara baik dan tepat. Strategi pemasaran akan sangat berpengaruh terhadap penjualan khususnya dalam hal ini promosi dalam bentuk iklan. Iklan dipandang mampu mempengaruhi kecenderungan mengkonsumsi dalam masyarakat .

Perusahaan harus kreatif dalam beriklan agar dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan preferensi terhadap merk salah satunya dengan menggunakan celebrity endorser . Yamaha Mio adalah salah satu produk yang kini sedang diminati konsumen. Awalnya diciptakan untuk kaum hawa tetapi belakangan banyak lelaki yang jatuh cinta pada motor ini. Salah satu cara promosi Yamaha Mio dengan menggunakan model iklan Bunga Citra Lestari dan Thessa Kaunang . dengan penggunaan celebrity endorser dapat memberikan dampak positif bagi Yamaha Mio. Yamaha Mio berhasil memperoleh rekor bisnis sebagai sepeda motor matic paling banyak dikendarai bikers pemula.

Pencapaian dalam segi marketing ini diimbangi dengan pengakuan akan kualitas dan kehandalan produk Yamaha Mio dari berbagai media dan kalangan masyarakat .

Tujuan Penelitian :

  1.  Menganalisis pengaruh daya tarik selebriti terhadap keputusan pembelian.

  2.  Menganalisis pengaruh kredibilitas selebriti terhadap keputusan pembelian.

  3.  Menganalisis pengaruh keahlian selebriti terhadap keputusan pembelian.

Metodologi Penelitian

Penelitian dilakukan secara eksplanasi dengan pendekatan studi literature , observasi serta wawancara. Variable yang digunakan variable independent seperti daya tarik , kredibilitas , keahlian serta variable depentdent berupa keputusan pembelian yang dilakukan. Metode analisis data dilakukan dengan uji parametric.

Hasil dan kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel daya tarik, kredibilitas dan keahlian mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian Bukti   tersebut   didukung   dengan diperoleh  adanya   variasi  pengaruh   dari  ketiga   variabel   tersebut   terhadap  keputusan pembelian yaitu sebesar 41%.
Pengaruh daya tarik terhadap keputusan pembelian
Hasil  penelitian   ini   memberikan   bukti  bahwa  daya  tarik berpengaruh positif  terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa dalam menjalankan kegiatannya  celebrity   endorser  dalam  periklanan  mempunyai   tingkat          likeability,   similarity,  dan familiarity   akan  meningkatkan keputusan pembelian.

Pengaruh kredibilitas terhadap keputusan pembelian 
Hasil    penelitian    ini  memberikan      bukti   bahwa    upaya    yang   dilakukan   PT Harpindo Jaya dalam variabel kredibilitas berpengaruh  positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa kegiatan yang dilakukan seperti meningkatkan pengetahuan, kemampuan  menarik   rasa   percaya   diri   konsumen       dan   kecocokan   selebriti   dengan produk dapat meningkatkan keputusan pembelian. 

 Pengaruh keahlian terhadap keputusan pembelian
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel keahlian berpengaruh positif terhadap  keputusan   pembelian.   Hal   ini   berarti   bahwa  kegiatan   yang   dilakukan   PT Harpindo Jaya seperti keahlian menyampaikan pesan kepada konsumen, pengalaman yang   terkait   dengan   produk  dan   keterampilan  celebrity   endorser  dalam   periklanan untuk meningkatkan keputusan pembelian.

Saran Untuk Penelitian Mendatang
1.      Penelitian lebih lanjut disarankan untuk menggunakan jumlah sampel yang  lebih   banyak   mengingat   penelitian   ini  menggunakan   jumlah  sampel  yang minimal.
2.      Dalam penelitian   mendatang,   dapat   dilakukan  penambahan   variabel   lain dan   dimensi  –  dimensi   pada   model   yang   telah   ada   maupun   pada   model yang mengalami pengembangan.
3.      Mengevaluasi secara periodik terhadap image endorser iklan Yamaha Mio  sehingga     mendapatkan     hasil  apakah  endorser    perlu   dipertahankan    atau  harus    memilih   endorser    yang    baru  sesuai   dengan    trend  yang   sedang berkembang   dengan   cara   memonitor   kehidupan   pribadinya   apakah   masih  diminati oleh konsumen atau tidak, sehingga konsumen tidak bosan dengan  tokoh iklan yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
;